Proyek pembangunan jalan bebas
hambatan (tol) Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, akan selesai
seluruhnya pada Maret 2017, jelas Ir.H.Bambang Nurhadi, MSc, Kepala
Bidang (Kabid) Bidang Pelaksanaan II, Balai Besar Pelaksanaan Jalan
Nasional IV , Direktorat Jenderal Bina Marga, Kementerian PUPR, yang
membawahi Proyek Jalan Bebas Hambatan (Tol) Tanjung Priok dan wilayah
Jawa Barat dalam pertemuan dengan wartawan di Jakarta, Selasa sore
(8/3/2016).
Dengan kecepatan jalan tol 80 kilometer/jam, dan ramp 30 kilometer-40 kilometer/jam, diutamakan untuk truk trailer
(tetap MST 10 ton-red), proyek jalan bebas hambatan sudah dioperasikan
sepanjang 3,4 kilometer.Sehingga nantinya stagnasi di pelabuhan akan
teratasi.
Menurut penjelasan Ir.H.Bambang Nurhadi, MSc- pernah 8 tahun di di
akses proyek jalan tol Tanjung Priok – memiliki 2 tujuan utama yaitu pertama ,selesaikan sistem JORR (Jakarta Outer Riang Road) Tanjung Priok nyambung ke Cikunir, Cilincing, jalan pelabuhan, belok kiri Jalan Yos Sudarso nyambung ke tol CMNP (Citra Marga Nusaphala Persada).Kedua, akses keluar dan masuk kendaraan pelabuhan (untuk mobilitas arus barang dan penumpang pelabuhan).
Menjawab pertanyaan wartawan BeritaRayaOnline mengenai up date status terakhir, Selasa, 8 Maret 2016, untuk progress fisik
dan keuangan Rp 4 triliun lebih dana yang sudah diserap proyek ini,
sedangkan untuk pembebasan tanah dana yang sudah keluar sebesar Rp 400
miliar.
” Untuk uji laik jalan tol Tanjung Priok , tim khusus akan lapor
kepada BPJT Kementerian PUPR, dan juga akan bekerjasama dengan CMNP
karena nantinya sistem bisnis tol berubah. Ada tim uji kelaikan, tetapi
secara konstruksi sudah oke. Maret 2017 mendatang kita akan
operasikan jalan tol ini. Seharusnya 2016 ini selesai, tetapi ada
pembongkaran jalan tol sebanyak 66 pilar Rp 400 miliar, lalu dibangun
lagi Rp 600 miliar tanggung jawab kontraktornya.Kajima perusahaan kontraktor besar di Jepang.Membongkar ini sesuatu yang mahal,” ujarnya.
Selesai Lebih Dahulu
“.Perkembangan terbaru adalah selesainya pembangunan North South Direct Ramp (NS Direct) sepanjang 1,1 kilometer .Bagian ini menyambung dengan North South Link (NS Link) sepanjang 2,24 km yang pembangunannya telah selesai lebih dahulu.Bagian ini juga terhubung dengan Seksi E1 Jalan Tol Akses Tanjung Priok sepanjang 3,4 km yang merupakan penghubung Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) di wilayah Cilincing dan sudah beroperasi sejak April 2011,” kata Ir.H.Bambang Nurhadi, MSc.
“Bagian lain yang juga baru saja rampung adalah Seksi E2A sepanjang
1,92 km, dan baru saja diserahterimakan kepada pemerintah dari
kontraktor pelaksana pembangunan.Sekarang truk angkut kontainer harusnya sudah bisa lewat NS Direct terus ke NS Link masuk ke Seksi E2A terus langsung masuk ke sistem single gate (gerbang tunggal) JICT (Jakarta International Container Terminal),” katanya lagi.
Meski demikian, pembangunan jalan tol ini belum bisa dikatakan
rampung sepenuhnya. Karena, masih ada seksi E2 sepanjang 2,74 km yang
masih harus tertunda penyelesaiannya lantaran terkendala masalah
struktural pilar jalan layang, yang terindikasi retak saat dilakukan stressing alias penegangan struktur beton.
“Ada 3 tiang dari puluhan tiang yang saat dilakukan stressing
ternyata ‘melesak’. Kita tes beberapa lainya ternyata punya indikasi
yang sama. Kontraktornya memutuskan seluruh tiang di paket itu (Seksi
E2) dibongkar dan diganti baru,” ucapnya seraya menambahkan langkah ini
membuat penyelesaian jalan tol ini bakal tertunda sampai 2017.
Ir.H.Bambang Nurhadi, Msc menjelaskan jalan tol akses Tanjung Priok
ini memiliki total panjang 16,67 km, yang merupakan bagian dari sistem
jaringan jalan tol Jabodetabek dan terhubung ke jalan tol lingkar luar
Jakarta.
Pembangunannya terbagi dalam 5 paket meliputi Seksi East 1 (E1)
dengan rute Rorotan-Cilincing sepanjang 3,4 km, lalu Seksi East 2 (E2)
dengan rute Cilincing-Jampea sepanjang 2,74 km, berikutnya Seksi East
2-A (E2A) dengan rute Cilincing-Simpang Jampea sepanjang 1,92 km.
Ada pula Seksi North-South Link (NS Link) dengan rute Yos
Sudarso-Simpang Jampea sepanjang 2,24 km, dan Seksi North-South Direct
Ramp (NS Direct) sepanjang 1,1 km.Tak lama lagi, Pelabuhan
Tanjung Priok bakal dilengkapi dengan akses langsung yang terhubung
dengan jaringan Jalan Tol Lingkar Luar dan Dalam Kota Jakarta. Proses
tranportasi dari dan menuju pelabuhan bisa makin lancar.jalan tol ini
akan terhubung langsung dengan fasilitas single gate alias gerbang tunggal Jakarta International Container Terminal (JICT).
“Jadi nanti nggak ada lagi truk kontainer lewat gerbang 1,
gerbang 3, gerbang 9. Gerbangnya cuma satu, itu lewat akses tol yang
kami bangun ini,” katanya.
Dengan cara ini, manajemen lalu lintas pelabuhan pun akan lebih
mudah. Karena kontrol dan pengawasan hanya perlu dilakukan di satu pintu
saja.
“Tadinya kan banyak gerbang. Itu menyulitkan manajemen. Sekarang pengawasan keluar masuk lebih mudah,” sambung dia.
Selain terhubung dengan fasilitas single gate pelabuhan, jalan tol ini juga berdampingan dengan fasilitas transfer kontainer dengan kereta pelabuhan.
Fasilitas ini memungkinkan, kontainer yang diangkut menggunakan
kereta kargo bisa dipindahkan ke truk kontainer lalu masuk ke dalam
pelabuhan melalui single gate yang sama.
Langsung Masuk Pelabuhan
“Jadi jalan tol kita di atas (melayang), truk kontainer dari jalan tol bisa langsung masuk pelabuhan. Di bawahnya, ada jalan yang terhubung dengan kereta pelabuhan, jadi nanti kontainer dari kereta dipindahkan ke truk kemudian masuk juga melalui single gate,” papar dia.
Dengan cara ini, manajemen tranportasi pelabuhan di Tanjung Priok
akan semakin baik dan bisa disetarakan dengan manajemen
pelabuhan-pelabuhan besar di berbagai negara maju seperti Singapura,
Hong Kong, dan Australia.
“Nanti kita nggak kalah dengan Hong Kong dan Singapura,” selanya.
Pembangunan jalan tol Akses Tanjung Priok masih menyisakan pekerjaan
konstruksi di Seksi Seksi East 2 (E2), dengan rute Cilincing-Jampea
sepanjang 2,74 kilometer (km) yang belum rampung.
Sekitar 69 tiang penyangga jalan layang di seksi ini harus dibongkar
dan dibangun ulang karena terindikasi retak dan membahayakan konstruksi
secara keseluruhan.
Kepala Bidang Pelaksanaan II Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional
IV Ditjen Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat
(PUPR), Ir.H.Bambang Nurhadi, MSC mengatakan, biaya pembongkaran
mencapai Rp 1,4 triliun.
“Biaya dari pembongkaran tiang senilai Rp 400 miliar dan tiang dan
pemasangan tiang kembali senilai Rp 600 miliar. Jumlah total tiang yang
akan dibongkar mencapai 66 tiang,” jelasnya.
Selain itu, ada lagi ongkos yang harus dikeluarkan untuk membongkar
beberapa tiang lain yang masih berada di Seksi E2A. Tiang-tiang ini
dibongkar karena posisinya dinilai tidak sesuai masterplan pembangunan,
karena terlalu menjorok ke pemukiman penduduk.
Selain itu ada pula pekerjaan menurunkan tiang girder atau ‘tulang
rusuk’ penyangga bagian jalan layang yang sudah terlanjur terpasang.
Total tambahannya untuk dua pekerjaan ini sekitar Rp 400 miliar.
Dengan demikian, seluaruh biaya pembongkaran, pembangunan ulang tiang
dan kegiatan pembenahan lainnya secara total mencapai Rp 1,4 triliun.
“Semua ditanggung kontraktornya karena dia merasa bertanggung jawab,” sambung dia.
Ia mengatakan, kontraktor pembangunan seksi ini yang merupakan
perusahaan Jepang, Kajima Corporation, memang berkomitmen membenahi
kekurangan konstruksi yang terjadi dan menanggung seluruh biaya
pembenahan konstruksinya.
Biaya yang dikeluarkan sepenuhnya ditanggung Kajima di luar nilai kontrak yang sekitar Rp 1,1 triliun.
“Jadi nilai kontrak pembangunan seksi E2A kan sekitar Rp 1,1 triliun.
Si kontraktor keluar duit lagi karena ada kesalahan tadi Rp 1 triliun
lebih. Jadi meskipun ada tambahan pengeluaran, semua ditangung kajima,
pemerintah tidak dirugikan,” pungkas dia.
Berdasarkan berita diatas, penulis ingin memberikan komentar negatif dan positif terhadap berita tersebut yang berbunyi :
" dalam hal pembangunan proyek besar ini pasti ada banyak kendalanya, karena tidak ada yang sempurna di dunia ini.
Dalam segi negatif :
- pembangunan proyek infrastruktur ini sangat mahal karena menghabiskan dana Rp 4 triliun lebih untuk progress fisik, Rp 400 miliar untuk pembebasan tanah, Rp 1,4 triliun untuk pembongkaran tiang yg retak dan Rp 600 miliar untuk pemasangan tiang kembali.
- Pengerjaan proyek
ini masih banyak kendalanya dalam hal keamanan bagi penggunanya, karena masih
banyak ditemukan pilar2 yang terindikasi retak dan itu sangat membahayakan
kendaraan yang melintas. karena kendaraan yang melintas termasuk dalam golongan
3 dan 4 (heavy weight vehicle).
- Dalam hal pembangunan tol ini memiliki total panjang 16,67 km dan terbagi dalam 5 seksi yaitu : E1, E2, E2A, NS Direct, NS Link.
- Proses transportasi dari dan menuju pelabuhan bias makin lancer karena tol ini akan langsung terhubung dengan fasilitas single gate alias gerbang tunggal Jakarta International Container Terminal (JICT).
- Selain menggunakan fasilitas single gate, pelabuhan ini juga ada fasilitas transfer container dengan kereta pelabuhan.
- Manajemen pelabuan di tanjung priok akan semakin baik dan bias disetarakan dengan manajemen pelabuhan2 besar di berbagai negara maju.
PROMO FREEBET 1 JUTA MERIAHKAN NATAL DAN TAHUN BARU 2019 BOLAVITA
ReplyDelete- Promo Frenzy Bonus 3% Berlaku Untuk Seluruh Games Bolavita Dari Santa Claus ( Kecuali Togel )
- Untuk Bola Tangkas Dapat Claim Bonus Dengan Syarat Withdraw Mencapai Win / Loss 25% dari Nilai Deposit + Bonus
- Promo Berlaku untuk Member Yang Melakukan Deposit Minimal Rp 100.000
- Maksimal Bonus Dapat di Claim adalah Rp 1.000.000
- Syarat Penarikan Dana Adalah Melakukan Turnover Minimal 1x Dari Bonus + Deposit
- Contoh ( Deposit 1000 ) + ( bonus 3% = 30 ) = 1000 + 30 = 1030 anda harus melakukan Valid Bet Senilai 1030 untuk melakukan penarikan dana
- Anda Tetap Dapat Mengikuti Promo Cashback Apabila Telah Mengikuti Promo Frenzy Bonus Santa
- Apabila Belum Mencapai Turnover Sudah Melakukan Withdraw Bonus Frenzy Kami Tarik Kembali
- 1 User ID Berhak Melakukan Claim 1x
- Kami Berhak Membatalkan Bonus Apabila Terdapat Indikasi Kecurangan
- Untuk Freebet Santa Dibagikan Secara Otomatis Setiap Anda Melakukan Deposit
* Tanggal 24 Desember Pukul 23:00 WIB Sampai Dengan Tanggal 25 Desember Pukul 05:00 WIB
* 31 Desember 2018 Pukul 22:00 WIB Sampai Dengan Tanggal 1 Januari 2019 Pukul 07:00 WIB
PERUMAHAN BSR:
ReplyDeletePerumahan Syariah Rumah Syariah Bekasi
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
RUMAH SYARI'AH ISLAMI TANPA BANK DI BABELAN DEKAT KOTA HARAPAN INDAH
*"BABELAN SAKINAH RESIDENCE "*
" The Shariah Nature of Living 🏡🏡🏡.
_*PELOPOR RUMAH SYARIAH TANPA BANK*_ DI Babelan Kota Harapan Indah Bekasi. Kawasan Primadona Akses dekat perumahan besar KOTA HARAPAN INDAH dan 5 menit Dari Perum. MUTIARA GADING CITY
*MAU BELI KREDIT TANPA BANK DAN TANPA RIBA?.. BISA!!*
Kredit RUMAH ZAMAN NOW itu Harus Bersih Dari Bunga Riba Bank,...In Syaa Allah lebih berkah dan Nyaman 😊
▶ Type yg tersedia :
Tipe 36/72
Tipe 45/84
Tipe 60/100
*( harga promo terbatas , " )*
FASILITAS ✅
* One gate System
* Jalan Utama 8 meter
* CCTV 24 jam
* Air PDAM
* Taman Bermain
* Sarana Olahraga
* Kolam renang
* Sekolah Islam Terpadu
* Rumah Tahfidz
* Masjid
* Klinik kesehatan
KEUNGGULAN PERUMAHAN BSR :
✅ Lokasi pinggir Jalan Pemda Langsung
✅ Akses menuju Lokasi cor Beton
✅ Lingkungan yg Islami, ( Rumah Tahfidz, TPA, Sekolah Islam )
✅ 10 Menit dari Kota Harapan Indah yang full Fasilitas Publik ( Giant, Ramayana, Courts, Mitra10, Ace, Dealer mobil resmi, Waterpark )
✅ 20 menit dari Rencana Pintu Toll Jorr Cilincing Cibitung
✅ 10 menit ke Pusat Belanja Marakash dan Candrabaga Pondok Ungu
✅ 5 menit ke Wisata Danau Southlake MGC
✅ 30 menit ke Summarecon Bekasi
UNTUK SURVEY LOKASI,,,,,
Hub Telp/wa
0896 4479 8497
*DAPATKAN PENAWARAN MENARIK UNTUK KREDIT DG MUDAH DAN DP TERJANGKAU mulai dari 30 Jt, dg Masa Kredit mulai dari 3 th -15 th*
*info lebih lanjut, Hub 0896 4479 8497
*BUY HOME WITHOUT RIBA*
https://perumahanislamsyariah.blogspot.com/?m=1
hasilnya akan keren yah
ReplyDeleteElever Agency